Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5+ Cara Mendapatkan Lisensi Gratis Microsoft Office

Cara Mendapatkan Lisensi Gratis Microsoft Office

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Siapa sih yang belum tau tentang Microsoft Office ? dan Sampai sekarang ini software tersebut faktanya masih menjadi aplikasi standar dalam dunia perkantoran atau bahkan sampai ke konten kreator sekalipun.

Tapi untuk mendapatkan aplikasi tersebut juga tidaklah mudah, yang hingga saat ini Microsoft Office 2021 Home & Business masih dijual yang pada jenis personal mencapai $100 - $250 untuk satu lisensi tiap perangkat

Jika dirasa harga itu membuat dompet mu berteriak, maka pengalaman-edukasi bisa memberi jalan yang lumayan benderang untuk mendapatkan lisensi secara gratis.

Berikut 6 cara untuk mendapatkan lisensi microsoft office secara GRATIS :

1. Gunakan Microsoft Office Secara Online

Nah, Dari pihak Microsoft sendiri telah menawarkan banyak koleksi utilitas Microsoft Office secara gratis. Office on Web ini atau biasanya sebagian orang menyebutnya sebagai office online pada dasarnya adalah versi berbasis browser dari Suite Microsoft Office terbaru yang sudah include berupa

  • Word
  • Excel
  • PowerPoint
  • OneNote
  • Sway
  • Mail
  • People
  • Calendar
  • OneDrive
Namun, meskipun office on web ini sudah meliputi sebagian layaknya Ms. Office offline tapi ada keterbatasan dalam fiturnya seperti pada Word yang tidak adanya WordArt, Text Boxes, Symbol, Equation, Chart dan lain sebagainya.

Dengan terbatasnya beberapa fungsi ini, tapi office online ini bisa menjadi alternatif gratis serbaguna. Versi Office gratis akan dengan senang hati membuka file Anda, memungkinkan pengeditan, dan yang terpenting, menjaga pemformatan dokumen Anda setiap saat.

2. Aplikasi Smartphone Microsoft Office

Memang jika kamu adalah pegawai kantor untuk menggunkan aplikasi microsoft office berbasis mobolie ini bisa menguntungkan kamu, namun faktanya Microsoft Office sudah tersedia gratis di Android atau iOS. Nah, pada aplikasi ini office telah menyertakan versi Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Dalam beberapa waktu pihak Microsoft sendiri telah beberapa kali mengembangkan versi-versi mandirinya seperti, Word, Excel dan PowerPoint secara mandiri. Namun sekarang ini kamu bisa mendapatkan dalam satu kesatuan di Aplikasi Microsoft 365 (Office)

Office 365 Free

Microsoft 365 adalah aplikasi produktivitas harian terbaik yang membantu mu membuat, mengedit, dan berbagi di mana saja. Dengan Word, Excel, dan PowerPoint semuanya dalam satu aplikasi, Microsoft 365 adalah tujuan untuk membuat dan mengedit dokumen dengan cepat saat Anda sangat membutuhkannya.

Tentu dengan ukuran layar smartphone jika untuk menggunakan Excel Spreadshet ini akan sekdikit menyusahkan kamu, maka dari itu kamu bisa menggunakan Tablet agar tampilan lebih lebar. Dan tentu ada cara lain jika kamu menggunakan PC atau Laptop, "solusinya" kamu bisa menggunakan Emulator Android.

3. Mendafatarkan untuk Uji Coba / Trial Microsoft 365

Uji coba akan memberimu akses ke rangkaian lengkap Microsoft Office 2021. Selain itu, kamu mendapatkan penyimpanan cloud OnDrive sebesar 1 TB dan kredit Skype selama 60 Menit per bulan. Tentu saja, saat mendaftarkan diri kamu harus memberikan kredit, debit atau akun PayPal atau bisa juga akun pembayaran lainnya yang valid. Microsoft akan secara otomatis menagih akun mu setelah uji coba berakhir.

Mungkin ini tidak efektif jika digunakan dalam jangka panjang jika kamu menginginkannya secara gratis. Namun dalam kondisi darurat kamu bisa memanfaatkannya.

4. Beli Perangkat Keras / Laptop Dengan Paket Microsoft Office

Pihak dari Microsoft Office sendiri jarang dibundel dengan dekstop atau laptop baru. Kecuali jika itu adalah kesepakatan dari masing-masing pihak. Maka dari itu kamu harus benar-benar melihat apa yang dibutuhkan sebelum memutuskan membeli laptop baru.

Berikut adalah 3 contoh laptop yang menyertakan lisensi Microsoft Ofiice dan Windows secara gratis :

1. ACER ASPIRE 3 A314-22-R1GA

ACER ASPIRE 3 A314-22-R1GA (14"HD,R3-3250,4GB,HDD 1TB,WIN 11,NX.BLACK HVVSN.016)

- Desain Modern dengan Narrow Border Display.
- RAM & Storage yang bisa diupgrade untuk penyimpanan lebih besar dan performa yang lebih tinggi.

OS : Windows 11 Home + Office Home Student 2019
Processor : AMD RyzenTM 3-3250U dual-core processor
RAM : 4 GB DDR4, upgradeable using 1x Memory Slot
Storage : 1TB HDD
Display : 14" HD 1366 x 768 resolution Acer ComfyView™
Graphic : AMD RadeonTM Graphics

2. ASUS VIVOBOOK 14

SPESIFIKASI
• Processor: Intel Core I3-1215
• RAM: 8GB DDR4 3200MHz
• Storage: 512 GB, PCIe NVMe, SSD
• Graphics: Intel UHD Graphics
• Display: 14.0 WUXGA
• OS: Windows 11
Free Office Home Student

3. Lenovo IdeaPad Slim3i

SOFTWARE
Operating System Windows 11 Home 64 Single Language, English
Bundled Software Office Home & Student 2021
CONNECTIVITY
Ethernet None
WLAN + Bluetooth 11ac, 2x2 + BT5.0
Standard Ports "1x USB 2.0
1x USB 3.2 Gen 1
1x USB-C 3.2 Gen 1 (support data transfer only)
1x HDMI 1.4b
1x Card reader
1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
1x Power connector"
SECURITY & PRIVACY
Security Chip Firmware TPM 2.0

5. Beli Microsoft 365 Education or Family

Memang cara ini bukan cara untuk mendapatkan Microsoft Office secara gratis, karena dengan gratis mungkin akan banyak sekali keterbatasan dalam fiturnya.

Dalam model ini kamu bisa mendapatkan secara gratis dengan memilih paket Office 365 A1 yang difungsikan untuk fitur edukasi diman Office 365 gratis untuk web, dengan aplikasi populer seperti Outlook, Word, PowerPoint, Excel, dan OneNote agar pengajar dan siswa dapat bekerja bersama, berkomunikasi dengan mudah, serta membuat konten yang mengagumkan.

Tentu kau harus mendaftarkan diri sebagai seorang pengajar atau siswa dengan menggunakan email sekolah tempat kamu berada.

Office for Student

Yang kedua kamu bisa menggunakan Office 365 Family. Pada fitur ini tidak didapatkan secara gratis namun dengan melakukan pembelian pada paket keluarga. Kenapa saya sarankan ?

Karena dengan memilih paket keluarga ini kamu bisa mendapatkan 1-6 pengguna yang artinya kamu bisa mengajak keluarga, kerabat atau teman kamu untuk bersama-sama patungan membeli paket Office 365 Family ini dengan beban biaya bersama

Office 365 Family

Kamu Mungkin Memiliki Banyak Cara untuk Mendapatkan Microsoft Office Secara Gratis

Jika kamu benar-benar sudah terbiasa dengan perangkat PC atau Laptop tentu kamu bisa menemukan cara yang lain untuk mendapatkan Microsoft Office secara gratis, namun apa yang saya tuliskan adalah beberapa cara yang tidak melanggar peraturan lisensi dari pihak Microsoft itu sendiri.

Dari 5 Cara diatas mungkin akan saya tambahkan satu cara yang efektif, aman dan tidak melanggar peraturan lisensi.

Perlu diketahui juga aplikasi Office ini adalah berfungsi untuk hal-hal kebutuhan kantor, sekolah, maupun personal namun yang sangat tren dikalangan kebanyakan orang saat ini adalah menggunakan Microsoft Office namun faktanya hal itu tidak serta merta didapatkan secara gratis.

6. Gunakan WPS Office

Jika kamu memang kesulitan untuk mendapatkan lisensi gratis dari Microsoft Office ada jalan lain menuju roma. Yaitu kamu bisa menggunakan alternatif lain, ibarat kamu kena macet, kamu bisa mengambil jalan tikus, dan Iya, kamu bisa menggunakan WPS Office

WPS Office sendiri sudah tersedia dalam perangkat mobile, dekstop/PC. Dan bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mudah.

Jika kamu menggunakan OS Windows kamu bisa mendapatkan secara gratis di Microsoft Store atau bisa juga melalui laman resminya wps.com

WPS Office

Oke, untuk informasi tentang masalah lisensi Office cukup sampai disini saja, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk bernafas dan tetap bersyukur, sampai jumpa lagi.