Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Rapidminer Menggunakan Algoritma Random Forest

 

rapid

Assalamualikum Wr, Wb. Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Pada artikel ini saya akan membagikan pengalaman edukasi yang semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman khususnya yg masih kuliah.

Bagaimana menerapkan algoritma random forest menggunakan aplikasi rapidminer ?

Pertama-tama kalian harus mempunyai software aplikasi rapidminer studio . Jika kalian belum punya aplikasinya kalian bisa unduh dilaman resminya.

Kedua, sebelum kalian masuk ke langkah ketiga alangkah baiknya, kalian harus dan sangat harus sudah menyiapkan set data yang akan dilakukan klasifikasi, serta kalian juga sudah mengimpor set data tersebut kedalam repository di aplikasi rapidmnier.


Jika sudah terimpor selanjutnya masukkan atau seret set data latih dan set data uji tersebut ke dalam halaman proses atau halaman kerja rapidminer

halaman proses

Selanjutnya pada menu atau sidebar di Operators cari dan temukan menu-menu yang akan diproses, diantaranya adalah Random Forest, Apply Model & Performance.

tutorial random forest

Cari dan temukan semua operators seperti yang sudah digambarkan diatas.setelah itu drag atau seret satu persatu ke halaman proses.

Kemudian pada operators random forest yang sudah di letakkan di halaman proses klik 2x dan atur parameters nya guna untuk menentukan pembentukkan model prediksina.

random in rapidmminer

Jika sudah diatur selanjutnya sambungkan semua operators tersebut sambung menyambung menjadi satu, menjalin ikatan untuk hubungan yang lebih serius dan jangan sampai ada yang terluka diantara dia. 😆

random tree


Setelah itu mulai jalankan prosesna dengan menekan tombol play button bewarna biru yang ada di menu atas. Maka setalah berhasil akan muncul hasil seperti ini.

Evaluasi

Nah penjelasan yang ditunjuk dengan arah panah merah sesuai nomornya adalah sebagai berikut:
  1. Hasil perhitungan confidence dari masing-masing kelas atau labelnya
  2. Hasil performansi dari algoritma random forest yang mengambil nilai akurasi, recall, dan precission
  3. Jumlah record data yang di latih atau data yang digunakan algoritma random forest
  4. Penjelasan yang hampir sama dengan nomor 2.
Selesai sudah karena semua proses sudah selesai maka akan diselesaikan dengan kalimat penutup untuk menyelesaikan arti dari artikel atau tutorial ini.

Semoga bermanfaat dan tetap satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr. Wb. Sampai Jumpa

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.