Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sybase atau SAP PowerDesigner Adalah : Fungsi dan Kegunaannya

Apa itu SAP PowerDesigner ?

Dalam dunia perusahaan, peranan IT atau teknologi sangat dibutuhkan guna untuk memperoleh hasil kenierja yang baik. Untuk mengelolah informasi kinerja dalam sebuah perusahaan tentunya sangat membutuhkan data yang besar. Sebelum mengelolah data tersebut agar menjadi informasi yang layak untuk meningkatkan suatu kinerja yang baik. Maka dibutuhkan sebuah rencana / planning yang matang.

SAP PowerDesigner adalah sebuah aplikasi atau tools yang berfungsi unutk mengelolah, merencanakan sauatu strategi atau transformasi bisnis yang bergitu kompleks. Dengan bentuk pemodelan data serta manajemen metadata, tools ini ditujukan untuk menangkap lapisan dan persyaratan arsitektur. Peranan utama dari PowerDesigner sendiri dapat menganalisis dampak IT yang menunjukkan potensi resiko dan hambatan. Namun juga didukung dengan visualisasi intuitif dan dasbor berbasis web untuk kalaborasi yang lebih baik.

Perusahaan sendiri juga akan mendapat keuntungan untuk menyelaraskan bisnisnya dengan IT, bisa mengembangkan tingkat produktivitas tim dan dokumentasi yang lebih fleksibel dengan pelaporan berbasis web.

Peranan SAP PowerDesigner untuk Pengembang Software

Namun, tidak hanya bisnis perusahaan yang lebih diuntungkan dengan penggunaan PowerDesigner ini. Dengan melihat penjelasan yang sudah dituliskan diatas, yang ada sangkut pautnya dengan metadata, pemodelan strategi atau arstiektur data, maka tools ini juga akan bermanfaat bagi para pembuat aplikasi software berbasis web maupun berbasis mobile. Tentunya untuk para programmer, analis data, system analyst bahkan untuk si software tester hal ini juga bisa digunakan untuk pengembangan suatu sofware.

Yang akan kegunaan tersebut, para pengembang software bisa memanfaatkan SAP PowerDesigner ini untuk pemodelan atau dalam bahasa programmernya adalah Unified Modeling Language (UML). Yang terdiri dari Use Case Diagaram, Activity Diagaram, Squence Diagram, Class Diagram, Deployment diagram, Flow Chart, ER-Diagaram / Conceptual Data Model, Physical Data Model, dan masih ada banyak lagi.

Visualisasi data dan model yang berbentuk diagram tersebut juga bisa diterapkan untuk diagram-diagram proses dari suatu organisasi perusahaan agar bisa lebih terorganisir, teratur, inovatif dan pelaporan yang sangat fleksibel.

Visualisasi

Kegunaan SAP PowerDesigner 

Secara umum kegunaan dari SAP PowerDesigner ini seperti yang sudah dituliskan di blog resmi dari blog.sap.com adalah untuk digunakan sebagai 

  1. Mendokumentasikan dan langsung dibagikan sebagai strategi, persyaratan, proses, data dengan seluruh organisasi
  2. Membuat dan mempertahankan koneksi yang konsisten antara bisnis dan artefak IT untuk menegakkan standar perusahaan atau organisasi.
  3. Memenuhi persyaratan peraturan dengan memastikan keterlacakan proses dan garis keturunan data melalui semua sistem, aplikasi, dan layanan di seluruh perusahaan Anda
Namun, pada intinya tools ini bisa berfungsi untuk menentukan suatu desain software yang sudah terencana, teranalisis yang menggambarkan suatu proses dalam bentuk visualisasi agar dapat di implementasikan dalam bentuk informasi yang sudah siap dibagikan guna memperoleh nilai bisnis yang lebih baik.

Diagram


Itulah sedikit gambaran mengenai SAP PowerDesigner. Apabila kamu perlu memerlukan tools ini untuk merancang perencanaan dalam proses bisnis mu, kamu juga bisa mengunduh dan install aplikasi tersebut di komputer kamu.


Terima kasih,  semoga informasi yang dituliskan bisa memberikan pengalaman kepadam kamu dengan edukasi yang baik.
"Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur"
Sampai Jumpa 
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.