Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Tidak Bisa Ubah Rombel Kelas di EMIS 2020

 EMIS Madrasah 2020

Update data EMIS yang sudah dilakukan mulai tanggal 7 September 2020 sudah dibuka, hal itu juga menyangkut sebagaimana surat edaran pengantar pemutakhiran data EMIS semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang tertulis bahwasanya kita diminta untuk melakukan update data EMIS yang diantaranya adalah tambah siswa baru baik dari madrasah, dari umum seperti TK, SD, SMP dan sekolah bukan dari umum yakni dari orang tua.

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya.

pemutakhiran data EMIS Madrasah pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 ini bisa dilakukan melalui dua pilihan yaitu bisa melalui Aplikasi Feeder EMIS dan bisa melalui EMIS Online. Namun juga sebagai catatan penting bahwa setiap lembaga RA atau Madrasah hanya diperkenankan melakukan updating data melalui salah satu dari du pilihan tersebut yang sudah disediakan. Jadwal untuk updating data EMIS sudah mulai dibuka tanggal 7 September - 31 Desember 2020.

Ternyata selama EMIS sudah mulai dibuka, saat sudah mulai mengedit atau menambah data baru tida semulus, selancar apa yang sudah dilakukan, hal itu dibuktikan saat saya mulai menulis artikel ini, bahwa masalah yang pernah saya alami adalah tidak bisa mengubah rombel dan kelas untuk setiap siswa aktif, terus bagaimana cara mengatasinya ?

Dibawah ini ada akan saya tuliskan SOLUSI untuk masalah jika tidak bisa mengubah rombel dan kelas pada siswa aktif, serta semoga tulisan ini bisa dijadikan pengalaman edukasi bagi kamu para operator madrasah.

Solusi Tidak Bisa Ubah Rombel dan Kelas di EMIS Tahun Pelajaran 2020/2021

Sebagai catatan utama, saya akan menuliskan pengalaman edukasi tentang cara mengatasi tidak bisa ubah rombel dan kelas yang hanya berlaku untuk EMIS Online bukan Feeder Emis

Pertama, adalah silahkan login menggunakan akun masing-masing lembaga di website  http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/siswa
Jika sudah berhasil login dan sudah tampil halaman dashboard EMIS maka,

Kedua, njenengan masuk ke menu Sarana Prasarana, kemudian pilih dan klik menu rincian data ruangan

Sarpras EMIS

Ketiga, kamu menuju masing-masing nama ruangan berdasarkan jenis ruangan "Ruang Kelas", setelah itu kamu menuju menu aksi dan pilih atau klik ubah data.

Ubah Data EMIS

Nah, setelah muncul kotak dialog atau jendela pop-up disitulah kamu lengkapi dulu data rungan kelas sesuai kebutuhan yang real, dan setelah sudah lengkap kamu klik SIMPAN dan tunggu hingga ada notifikasi atau pesan "Berhasil"

Contoh

Langkah Terakhir, kamu lanjut menuju menu Kesiswaan  lalu pilih Siswa Aktif. Kemudian kamu centang siswa yang akan di ubah rombel dan kelasnya. Selanjutnya pilih kelas dan rombelnya. setelah itu klik tombol bewarna merah yang bertuliskan "Ubah kelas dan Rombel", langsung pilih "Ya", kemudian tunggu hingga halaman mulai refresh dengan sendirinya.

Ubah Kelas dan Rombel EMIS


NB : Maksimal siswa yang bisa di centang adalah 20 (dua puluh) siswa.

Nah, itulah solusi yang sudah pernah saya coba dan alhamdulillah sudah bisa berhasil sesuai ekspetasi angan-angan dalam pikiran para operator yang selalu melayang kesana-kemari dengan pekerjaan yang sangat menyenangkan, seru dan penuh sebuah hal yang akan sulit untuk dituliskan.

Sekian, terimaksih sudah berkunjung, semoga bermanfaat dan satu kata untuk dia "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Wassalamualaikum Wr. Wb

See You Later