Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberi Warna Berbeda Pada Kondisi Teks Tertentu di Excel

Cara Otomatis Memberi Warna Yang Berbeda di Kolom Excel

Bagaimana cara memberi warna tertentu pada suatu teks di excel ? Pada artikel ini saya akan membagikan pengalaman edukasi tentang cara memberi warna tertentu secara otomatis di excel. Namun untuk mengetaui cara tersebut ada baiknya kamu mengerti sedikit tentang apa itu Conditional Formatting.

Conditional Formatting adalah sebuah fitur yang dikembangkan oleh microsoft excel guna untuk memudahkan untuk memberi perbedaan dalam kondisi-kondisi tertentu. Dalam menu conditional formatting terdapat 6 menu yang disediakan, salah satunya adalah menandai format cell atau kolom yang hanya bisa diisi nilai-nilai tertentu saja. 

Baca Juga : Cara Membatasi Jumlah Karakter di Kolom Excel

Seperti hal-nya yang akan saya bahas pada artikel yang tertulis ini, dimana akan menandai dengan memberi warna yang berbeda untuk kondisi-kondisi tertentu saja.

Memberi Warna Berbeda Pada Kondisi Tertentu.

Berikut adalah contoh tabel yang akan saya ubah warnanya untuk menandai kriteria data yang memiliki nilai Tidak Lulus.

Contoh Tabel

Untuk tahap atau proses yang pertama adalah kamu blok semua kolom yang akan di beri warna untuk menandai pada kondisi yang sudah ditentukan.
  • Kemudian kamu alihkan pandanganmu ke arah menu bar di atas kolom pada menu home, kemudian kamu pilih menu Conditional Formatting dan pilih New Rules.
Conditional Formatting Menu


Dan setelah muncul kotak dialog edit formatting rules kamu pilih format only cells that contain. Dan untuk selanjutnya  adalah mengatur menu edit the rule description dengan cara kamu pilih 
  • Pertama adalah Specific Text
  • Kedua Containing
  • Ketiga isi kondisi atau kriteria yang akan diberikan warna khusus yang berbeda, 
  • Keempat adalah pilih menu format dan pilih menu fiil kemudian cari warna yang di inginkan 
  • kemudian langkah terakhir adalah klik Ok
Edit Formatting Rules


Nah, dalam contoh yang saya berikan adalah ingin menandai dengan cara memberi warna yang berbeda pada kolom atau sel yang berisikan kriteria atau teks yang berisikan "Tidak Lulus". Dengan begitu nanti hasil yang diharapkan sebuah Teks yang bernilai "Tidak Lulus" kolom atau selnya akan bewarna merah.

Kurang lebih atau bisa saja pas, nanti hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.


Nah, itulah sebuah cara untuk memberi warna pada kondisi teks tertentu dengan otomatis dan proses yang cukup mudah. Lalu bisakah kita memberi warna pada kondisi angka tertentu ? Tentu sangatlah bisa. Kamu cukup terus mengikuti tutorial blog pengalaman-edukasi.com. Karena sistemku adalah informasimu.

Terimakasih dan semoga bermanfaat, "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

See You.


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.