Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9+ Cara Buat Kemasan Produk Menarik - Desain Online Sesuka Hati

Assalamualaikum Wr.Wb - Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Dunia digital saat ini sudah sangat populer dikalangan kaum milenial, perkembangan teknologi juga sudah mengubah dalam berbagai hal. Dalam bisnis, sangat diperlukan apa itu yang disebut branding jika kita ingin meningkatkan produk jadi hingga bisa dikenal oleh calon pembeli. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah kemasan

Fungsi kemasan yang dulunya hanya untuk alat pelindung atas produk itu sendiri. Saat ini telah bergeser menjadi daya tarik jual atas poduk yang dilindungi. Oleh karena itu kemasan yang kamu gunakan adalah salah satu faktor penting dalam branding produk kamu.

Kemasan Kopi
sumber : pixabay

Mengapa kemasan begitu penting ?. Karena kemasan dapat menunjukkan suatu kepriabadian untuk menyampaikan pesan kepada calon pembeli. Nah, dalam kemasan itu, kamu bisa memberikan atau memperlihatkan indentitas brand atau produkmu melalui warna, logo, desain dan lainnya.

Alasan lain, sekarang kemasan juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan pemasaran produkmu. Karena jika kamu memiliki kemasan yang unik, elegan dan berbeda dengan yang lainnya, sang pembeli akan secara tidak langsung akan mempromosikan produk mu dengan cara meng upload produkmu di media sosial seperti facebook, instgram, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Kemasan Yang Baik dan Mempunyai Daya Tarik Pembeli

Ada berbagai faktor yang harus kamu ketahui dan dipertimbangkan supaya kemasan bisa terlihat mempesona dan bekerja lebih optimal. Karena kemasan adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli. Nah, berikut cara membuat kemasan yang baik untuk produkmu yang baik.

1. Kemasan Sebagai Pelindung Yang Baik

Hal pertama adalah kemasan yang baik. Salah satu kunci agar kemasan menjadi baik adalah bahwa kemasan itu bisa melindungi produkmu dengan baik. Tentu kamu tidak ingin mendapati seorang pembeli yang kecewa karena kemasan produkmu yang rusak akibat keamanan kemasan yang kurang baik atau bahkan bisa rusak.

Misalkan, kamu ingin menjual produk berupa minuman susu dan semacamnya. Maka kamu harus memakai kemasan seperti botol yang tahan banting, dan juga penutup yang kedap udara, supaya bisa menjaga ketahanan minuman susu produkmu agar tidak cepat basi.

sumber : pixabay

2. Bisa dibawa dan Didisrtribusikan Secara Mudah.

Kemasan yang mudah dibawa atau biasa disebut ergonomis ini akan memiliki tingkat kenyamanan bagi para pembeli. Seperti hal nya produk minuman atau makanan ringan. Maka kamu siapkan model kemasan yang mudah diambil dan dibawa dalam jumlah kecil maupun banyak.

3. Jadikan Sebagai Media Komunikasi

Apa yang dimaksud sebagai media komunikasi ?. Kemasan sebagai media komunikasi ini berfungsi untuk menjelaskan dan mencerminkan citra produk yang mampu dipahami dan diingat oleh pembeli dengan mudah. Bentuk-bentuk media komunikasi melalui kemasan ini ada berbagai macam caranya, ada yang menggunakan teks/kata, gambar, stiker yang lucu dan juga bisa dari cara mengemas produknya.

4. Mampu Menunjukkan Indentitas

Selain itu kemasan juga mampu menunjukkan identitas dari perusahaan, identitas produk di dalamnya, supaya produk kamu bisa dikenali oleh pembeli. Hal ini bisa lewat warna, gambar, foto dan lain sebagainya.

Bungkus Kopi
sumber : pixabay

5. Buat Desain Simpel

Kamu juga harus memastikan kemasan produk yang telah kamu buat setidaknya mempunyai kriteria seperti elegan, simpel, dan mencolok untuk menarik pelanggan. Kamu juga harus membuat kemasan yang sesuai dengan image atau nilai yang ingin kamu tunjukkan kepada kembeli, entah itu identitas produkmu, perusahaanmu, dan pastinya dengan memperhatikan warna, font dan slogan atau kalimat ajakan dari toko atau perusahaanmu.

6. Etika dan Estetika

Pastikan kamu membuat kemasan yang tidak terlalu mencolok. Dalam artian etika juga sangat perlu guna untuk penyesuaian dengan segmen pasar yang perlu dituju agar tidak menimbulkan suatu polemik yang berantakan.

Estetika yang dimaksud adalah bisa berupa keindahan dan enak dipandang. Artinya desain yang dibuat kemasan tidak terlalu ramai dengan gambar dan tulisan. Tidak hanya itu, cara pengemasan juga perlu diperhatikan guna untuk meningkatkan daya tarik dari pembeli.

7. Buat Kemasan yang Limited Edition

Dengan membuat kemasan yang menawarkan edisi terbatas atau limited edtion juga dapat mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian lagi. Bahkan, biasanya mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkan produk dengan kemasan yang terbatas itu. 

Hal ini biasanya bisa kita lihat pada hari-hari besar tertentu. Seperti Hari Raya Idul Fitrih, Hari Natal, Imlek dan lain sebagainya. Tak jarang juga banyak sekali perusahaan bahkan UMKM pun akan membuat kemasan yang berbeda dengan sebelumnya dengan jumlah yang terbatas.

8. Ramah Lingkungan

Ini juga penting dan pelu diperhatikan. Kesadaran masyarakat tentang produk ramah lingkungan saat ini juga semakin hari semakin meningkat. Tak sedikit pula masyarakat yang bahkan rela membeli dengan harga sedikit lebih mahal demi untuk melestarikan lingkungan dan juga memilih brand atau produk yang memiliki kesadaran akan hal tersebut.

Tak hanya itu, dalam bergerak untuk gerakan ramah lingkungan, maka nilai dari brand mu bisa meningkat di pandangan masyarakat. Karena saat ini lingkungan Bumi perlu dijaga dan dilestarikan.

9. Harga Pembuatan yang Ekonomis

Dalam membuat kemasan, kita juga harus bisa melihat dari sisi harga. Nah, untuk membuat kemasan yang ekonomis dapat dilakukan untuk menekan biaya produksi kemasan tersebut. Dalam hal ini, biasanya dengan membuat produk kemasan dalam jumlah besar dari sergi harga akan lebih murah, dibandingkan dengan hanya beberapa produk saja.


Nah, dalam membuat kemasan yang paling dilihat dan diingat oleh calon pembeli, adalah sebuah desain kemasan yang menarik. Dengan membuat desain yang baik, menarik dan penuh estetika, dalam hal ini juga akan meningkatkan daya jual dari produk yang kamu miliki.

Demand Desain, merupakan jasa yang akan membuat desain kemasan mu lebih menarik dan lebih baik serta akan terlihat berbeda dengan yang lainnya. Kamu bisa memilih, request, dan custom desain sesuka hatimu dan tentunya dengan arahan, konsultasi dan kesepakatan bersama guna untuk memperoleh hasil yang terbaik.

DESAIN ONLINE SESUKA HATI  !!!!

Untuk mengawali tahun di 2021 ini, Demand Desain membukaJASA DESAIN GRAFIS untuk kamu yang sedang membutuhkan desain yang baik. Tidak hanya desain kemasan. Dengan bergabung bersama Demand Desain, kamu bisa memilih jasa desain seperti, Logo, Buku Menu, Kaos, Kemasan Produk, Brosur, Flyer, Poster, dan lain sebagainya.

Demand Desain

Untuk itu sebelum terlambat, segera berkunjung di Instagram (IG) @demand.desain atau langsung hubungi Nomor 0882-3590-6034 (WA Only).

Terimakasih, semoga informasi ini bisa bermanfaat, apabila kamu berkenan bisa bantu donasi untuk pengembangan blog yang saya bangun melalui link ini https://saweria.co/muiz27 .


Sekian semoga bermanfaat dan berkah. Satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb.- See You Later




Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.