Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Spesifikasi Yang Wajib Dimiliki Laptop Desain Grafis

 Laptop Designer

Assalamualaikum Wr.Wb - Salam Sejahtera dan Salam Budaya.

Dalam memilih laptop yang digunakan untuk keperluan desain grafis tentunya berbeda dengan
penggunaan laptop seperti biasanya yang digunakan sehari-hari.

Ada beberapa spesifikasi minimal yang harus diperhatikan dan wajib diketahui oleh para designer handal. Dan artikel ini akan memberikan pengalaman edukasi kepada kamu. Kenapa harus ada spesifikasi minimal ?. Hal ini guna dapat mempercepat dan supaya lebih produktif dengan laptop yang digunakan.

Nah, ada 5 spesifikasi minimal yang wajib kamu ketahui sebelum memilih laptop desain grafis. Yuk kita bahas sampai akhir dan sampi tuntas.

Baca Juga  : Komponen Perangkat Keras Komputer  yang wajib diketahui.

5 Kriteria yang Wajib dimiliki Laptop Designer.

1. RAM 

RAM


RAM adalah sebuah memori yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data proses dari sistem operasi, serta aplikasi yang dijalankan selama komputer atau laptop itu hidup dan dijalankan.

Khusus untuk laptop desginer. Minimal RAM yang digunakan adalah dengan kapasitas 8GB. Hal ini bertujuan untuk minimalisir terjadinya bank "Not Responding" yang kemudian akan terjadi stoped working.

2. CPU atau Processor

CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menangani intruksi-intruksi yang telah diberikan. Nama yang sering disebut bukan CPU melainkan kamu pasti menyebutnya Processor

Dalam hal desain grafis, minimal processor yang digunakan adalah Core i3 generasi 3 atau juga bisa menggunakan Ryzen 3.

3. Integrated GPU

GPU

Graphics Processing Unit atau GPU ini secara umum berfungsi untuk menampilkan apapun yang terdapat pada setiap komputer dengan baik. Perangkat ini bentuknya seperti processor namun juga memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. 

Namun dewasa ini, Processor terbaru yang sekarang beredar di pasaran, sudah banyak yang terintgrasi dengan GPU. Jadi tidak memerlukan GPU secara terpisah dan pastinya lebih efisien. Jadi untuk kebutuhan desain grafis. Carilah laptop dengan processor yang sudah terinegrasi dengan GPU.

4. Architecture 64 Bit

Yang dimaksud Architecture 64 Bit adalah, usahakan kamu mencari atau memilih laptop dengan tipe processor yang mendukung Architecture 64 Bit. Kenapa ? Karena dari sisi memori bisa menampung sekitar 16 miliar byte atau setara dengan 16 GB intinya bisa mendukung kapasitas RAM besar. Namun tidak hanya itu jika dilihat dari sisi peforma, juga bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi yang memerlukan spesifikasi yang besar atau yang kecil.


Karena jika menjalankan Architecture 32 Bit. Maka dengan melihat aplikasi yang berhubungan dengan desain grafis rata-rata sudah membutuhan Architecture 64 Bit.

5. Jaringan Internet

Wifi

Tentu hal ini juga tidak kalah penting dengan 4 hal diatas. Karena laptop yang digunakan untuk keperluan desain grafis harus mendukung jaringan internet. Khususnya bisa digunakan untuk tipe Wi-Fi. Karena inspirasi yang datang dari benak untuk mendesain bisa muncul di tempat apapun, dan laptop kita juga harus siap terhubung ke jaringan internet, entah itu untuk presentasi, mencari referensi dan lain sebagainya.


Terimakasih, semoga informasi ini bisa bermanfaat, apabila kamu berkenan bisa bantu donasi untuk pengembangan blog yang saya bangun melalui link ini https://saweria.co/muiz27 .

Nah, sekian terimakasih itulah sedikit informasi yang bisa dituliskan berdasarkan pengalaman. Satu  kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Wassalamualaikum Wr.Wb - See You Later