Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Excel Sertifikat Nilai Rapor SD/MI 2021

Assalamulaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

3 Tahun terakhir ini pendaftaran siswa baru atau PPDB di lingkungan sekolah Negeri sudah menerapkan sistem informasi yang melibatkan 3 jalur yaitu Afirmasi, Prestasi, Zonasi dan Perpindahan tugas orang tua. Pada awal-awal pelaksanaan sistem ini banyak yang pro dan kontra, maklum adanya sebuah sistem baru memang banyak sekali permasalahan yang dihadapi.

Terlepas dari itu semua banyak adanya persyaratan dokumen administrasi juga harus dipenuhi. Seperti pengalaman sebelumnya pada PPDB jenjang SD / MI yang akan melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah membuat Sertifikat Nilai Rapor. Nah, apa itu sertifikat nilai rapor ?.

Baca Juga Cara menghitung banyak data di excel dengan kondisi tertentu

Sertifikat Nilai Rapor adalah sebuah kumpulan nilai siswa dari mulai kelas 4 semester 1, 2 hingga kelas 6 semester 1. Sertifikat nilai rapor ini awalnya dibutuhkan untuk siswa yang mengikuti jalur prestasi, namun seiring berjalannya waktu serta penghapusan pelaksanaan UN (Ujian Nasional), maka Sertifikat Nilai Rapor ini harus dimiliki oleh semua siswa-siswi pada kelas akhir.

Contoh Sertifikat Nilai Rapor

Sertifikat Nilai Rapor
 
Tujuan dari Sertifikat Nilai Rapor adalah untuk mengambil nilai rata-rata dari keseluruhan mata pelajaran yang sudah di ampuh selama 7 semester terakhir.
 
Pada dasarnya sering sekali terkendala oleh waktu saat hendak untuk mengerjakan sertifikat nilai ini, karena sebagai operator atau wali kelas harus mengisi semua nilai. Namun untuk menghindari dan lebih tepatnya untuk meringankan beban para operator sekolah ada sebuah format excel untuk membuat sertifikat nilai rapor jadi lebih cepat dan hanya butuh sekali pengerjaan saja.

Format Excel ini berisikan 4 sheet yaitu DAFNIL yang berisikan semua form daftar nilai siswa dari kelas 4 hingga kelas 6, serta nama siswa, nomor induk siswa, NISN siswa dan nama wali/orang tua. Kmudian ada sheet SERTIFIKAT  yaang berisikan lembar sertifikat nilai rapor untuk setiap siswanya, sehingga kamu tinggal mengisi DAFNIL kemudian secara otomatis akan muncul di lembar Sertifikat Nilai Rapor.

 
Kamu bisa mengunduh file excelnya dibawah ini :
 
 
Terimakasih, semoga informasi ini bisa bermanfaat, apabila kamu berkenan bisa bantu donasi untuk pengembangan blog yang saya bangun melalui link ini https://saweria.co/muiz27 .
 
Semoga kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".
 
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.