Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simpatika Terbaru

 Assalamualikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Cara menaikkan kelas siswa atau mengedit tingkat siswa di Simpatika pada dasarnya sangatlah mudah, bahkan hampir sama dengan cara-cara pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, faktaknya ada beberapa cara yang sedikit mengalami perubahan dan juga akan berpotensi gagal upload data siswa.

Menaikkan kelas siswa di Simpatika dan Meluluskan siswa adalah salah satu hal yang wajib sebelum mengaktifkan seluruh PTK agar memperoleh JTM Mengajar yang kemudian akan dikeluarkan SKBK serta SKMT.

Yuk, kita bahas lebih dalam tentang cara menaikkan kelas dan meluluskan siswa di Simpatika tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil.

Baca Juga : Cara Meluluskan, Menaikkan dan Mengatur Rombel Kelas di EMIS 2021

Tahap Pertama, 

Seperti biasa kamu buka halaman Simpatika pada URL https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah.  Lalu kamu login dengan menggunakan akun Admin Madrasah atau akun Kepala Madrasah.

Pada halaman "Madrasah" kamu pilih menu "Siswa & Alumni" > "Siswa" > " Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang"

Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simpatika

Lalu, kamu Unduh data siswa tersebut pada tombol "arah panah bawah" di sisi bagian kanan tabel data siswa.

Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simpatika

Tahap Kedua,

Pada tahap ini, kamu buka file excel yang sudah di unduh pada tahap diatas, kemudian kamu aktifkan menu Filter dengan cara klik menu bar "Data" > "Filter". Maka akan tampil menu filter pada masing-masing kolom judul pada sel pertama.

Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simpatika

Selanjutnya kamu lakukan updating pada kolom Tingkat dengan jika siswa pada tingkat "Madrasah Ibtidaiyah" kamu ubah tingkat "6" menjadi "7". (Hal ini digunakan untuk meluluskan Siswa kelas 6)

Untuk siswa lainnya kamu ubah menjadi tingkat atas. Dalam contoh tingkat "5" menjadi "6" (untuk menaikkan siswa kelas 5 menjadi kelas 6 ). Berikutnya kamu lakukan dengan cara yang sama pada tingkat dibawahnya.

Apa yang baru ?

Updating data siswa di Simpatika tahun pelajaran 2021/2022 adalah terdapat kolom "Nama Ayah" dan "Nama Ibu". Nah pada data ini kamu diwajibkan mengisi kembali nama "Ayah dan Ibu" pada masing-masing siswa.

NB : Pengisian nama tidak boleh ada karakter seperti buka kurung dan tutup kurung ( ), kemudain untuk tanda petik satu atas, gunakan karakter default bukan tanda petik satu disamping angka 1 pada keyboard.

Selanjutnya kamu juga harus mengubah nomor urut pada kolom "NO" karena tadinya sudah di filter jadi nomor urutnya akan berantakan.

Tahap Ketiga

Kemudian kamu pilih menu "Siswa & Alumni" > "Siswa" > "Daftar Siswa". Selanjutnya klik tombol "arah panah atas" pada sisi kanan tabel. Dan pilih "Upload Baru".

Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simpatika

 
Tahap selanjutnya kamu upload data siswa yang sudah dilakukan updating pada tahap kedua diatas, dan cek apakah sudah benar atau mengalami kesalahan.

Jika data masih ada kesalahan,, kamu tinggal klik tombol "Unduh File + Petunjuk Kesalah" untuk bisa mengetahui letak kesalahan dan diperbaiki lagi di file excelnya.

Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simpatika

Jika data dirasa sudah benar. Maka kamu lakukan upload ulang data siswa lagi dan jika tidak ada kesalah maka tombol "Simpan" bisa dilakukan.

Jika sudah selesai kamu cek di menu Siswa apakah data sudah masuk semua dan cek juga pada menu "Alumni" apakah data lulusan sudah berhasil menjadi alumni atau belum.

Untuk tahap selanjutnya adalah "Memasukkan Daftar Siswa pada Masing-Masing kelas dan Rombel.

Baca Juga : Cara Membuat List Data Validation Lebih 2 Kategori di Excel

Cara Memasukkan Siswa Ke dalam Kelas dan Rombel di Simpatika

Tahap Pertama,

Kembali ke halaman "Simpatika" pada akun Madrasah kemudian kamu pilih dan klik menu "Sekolah" > "Kelas" > "Peserta Kelas".

Memasukkan Siswa Ke dalam Kelas dan Rombel di Simpatika

Tahap Kedua, 

Selanjutnya pada halaman dasbor "Peserta Kelas" kamu pilih terlebih dahulu Kelas yang akan diisikan peserta atau siswanya. Kemudian kamu klik tombol "+" pada sisi kanan tabel.

Memasukkan Siswa Ke dalam Kelas dan Rombel di Simpatika

Tahap Ketiga, 

Pada tahap ketiga ini merupakan tahap terkahir, Nah, pada bagian ini kotak dialog akan muncul ketika kamu sudah pelakukan tahap kedua diatas.

Kamu tinggal "Centang" data siswa yang akan dipilih kemudian klik tombol "arah panah kanan" yang ada disisi tengah, untuk memasukkan siswa ke dalam Kelas. Setelah berhasil kamu tinggak klik tombol "Tambahkan" Dan Sukses.

Memasukkan Siswa Ke dalam Kelas dan Rombel di Simpatika

Baca Juga : Solusi Nama Ruangan Tidak Muncul Saat Atur Rombel EMIS 4.0

Nah, Sekian itulah beberapa cara menaikkan Kelas Siswa di Simpatika Tahun Pelajaran 2021/2022 semester ganjil.

Semoga kamu bisa menemukan apa yang selama ini kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb  See You.