Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Menambah Siswa Baru di Simpatika Terbaru 2021

 Assalamualaikum wr.wb - Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Sebelum admin madrasah mengisi jadwal mingguan dan akan mengaktifkan seluruh PTK agar memperoleh JTM Mengajar serta proses ajuan SKBK dan SKMT. Maka perlu dilakukanlah proses menaikkan kelas siswa pada tahun pelajaran yang baru.

Baca Juga : Tutorial Menaikkan Kelas Siswa di Simapatika Tahun Pelajaran 2021/2022 

Kemudian juga perlu dilakukan proses penambahan siswa baru di simpatika agar kelas dasar bisa terisi oleh siswa yang baru. Namun, nyatanya proses penambahan siswa baru ini cukuplah mudah tapi juga sering terjadi gagal upload data.

Oleh karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut tentang cara menambah siswa di simpatika dengan cara yang cepat dan fleksibel anti ribet.

Tahap Peratama, 

Seperti yang biasa admin atau operator lakukan. buka halaman Simpatika pada URL https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah dan login dengan menggunakan akun Admin / Kepala Madrasah.

Setalah berhasil masuk halaman Simpatika kamu pilih menu "Siswa & Alumni" <> "Siswa" <> "Daftar Siswa".

Tutorial Menambah Siswa Baru di Simpatika

Kemudian, kamu unduh terlebih dahulu format unggah siswa pada tombol "arah panah atas" disisi bagian kanan tabel data siswa. Kamu klik "Upload Baru" <> "Unduh Format Siswa".

Tutorial Menambah Siswa Baru di Simpatika

Tahap Kedua,

Tahap selanjutnya adalah pengisian data siswa baru kedalam file excel sesuai format unggah siswa yang sudah kamu unduh tadi pada tahap diatas.

Note : Pada pengisian data ini, yang tidak perlu diisi adalah pada bagan Kode Sistem. Cukum kamu biarakan dan jangan dihapus. Untuk kolom TGL Lahir kamu ubah menjadi tipe Date. Mungkin hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.

Tutorial Menambah Siswa Baru di Simpatika

Jika siswa belum memiliki NISN cukum kamu kosongkan dan jangan dihapus kolom headernya.

Tahap Ketiga,

Setelah berhasil melakukan pengisian data, jangan lupa untuk menyimpannya. Kemudian kamu balik lagi ke halaman Simaptika. Dan lakukan seperti pada tahap pertama

kamu pilih menu "Siswa & Alumni" <> "Siswa" <> "Daftar Siswa" klik "Tombol Arah Panah Atas" klik "Upload Baru" <> "Pilih File" <> Cari File Excelnya <> "Klik Unggah". Tunggu hingga proses upload data berhasil

Tutorial Menambah Siswa Baru di Simpatika

Data akan terintegrasi 1x24 Jam. Namun jika server sedang baik-baik saja, cukup 5-10 Menit, data akan berhasil terintegrasi.

Untuk tahap selanjutnya adalah "Memasukkan Daftar Siswa Baru pada kelas dan Rombel tingkat satu.

Baca Juga : Cara memasukkan siswa ke dalam kelas dan rombel di Simpatika

Nah, Sekian itulah beberapa Tutorial Menambah Siswa Baru di Simpatika Tahun Pelajaran 2021/2022 semester ganjil.

Semoga kamu bisa menemukan apa yang selama ini kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb  See You.


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.