Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Referensi Jurusan Buat Kuliah dari 10 Pekerjaan Yang Banyak Dicari

Referensi Jurusan Buat Kuliah dari 10 Pekerjaan Yang Banyak Dicari

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Sudah akhir tahun ini, yang artinya sebentar lagi PMB atau Penerimaan Mahasiswa Baru akan segera dibuka dan dilaksanakan. Untuk kamu-kamu yang sudah menginjak bangku kelas XII atau kelas 3 SMA,SMK atau MA pernting juga melihat-lihat referensi jurusan dan pekerjaan yang akan kamu ambil sebelum memutuskan untuk melanjutkan lagi di Perguruan Tinggi.

Tahun ini memang sedikit ada problem pada pekerjaan karena adanya pandemi, namun ternyata tidak semua pekerjaan terhalang oleh pendemi tersebut. Nah, apa aja pekerjaan itu ?

Pada tulisan artikel ini, saya akan memberikan beberapa pengalaman yang mungkin akan menjadi edukasi buat kamu. Edukasi tentang jenis pekerjaan atau profesi yang banyak dibutuhkan di dunia kerja dan ada juga yang kurang diminitai.

Karena, tren jenis pekerjaan akan selalu silih berganti dari tahun ke tahun guna untuk mengikuti kebutuhan dunia kerja. Namun ada juga jenis pekerjaan yang selalu dibutuhkan.

Baca Juga : Untung Besar : Cara Jualan di Instagram dengan Teknik

Nah, menurut survei dari World Economic Forum (WEF) seperti yang dilansir dari laman https://lifestyle.kontan.co.id/ pada tahun 2020, perubahan tren profesi di tahun 2025 disebabkan oleh perubahan dunia akibat pandemi covid-19.

Sebanyak 83% perusahaan mengubah pola sistem kerja mereka menjadi sistem work from home. 84% perusahaan mempercepat digitalisasi dan bahkan 50% juga mempercepat otomasisasi.

Nah, dengan melihat tren perubahan pola tersebut, maka kamu sang pelajar-pelajar handal bisa membandingkan terlebih dahulu jurusan mana yang memiliki peluang kerja tinggi untuk tahun-tahun berikutnya.

Berikut Pekerjaan-Pekerjaan yang dibutuhkan di dunia kerja

Perubahan iklim dunia kerja di tahun 2025 tentu membuat tren profesi juga ikut berubah. Bersumber dari data WEF yang dirilis di situs www.weforum.org, ada beberapa profesi yang naik daun pada tahun 2025.

Baca Juga : Perbedaan Data Science dan Mechine Learning

Nah, berikut beberapa pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di dunia kerja, diantaranya adalah pekerjaan yang paling diminati yaitu :

  • Big Data Specialist
  • Digital Marketing and Strategy Specialist.
  • AI (Artificial Intelegencia) Dan ML (Machine Learning) Specialist.
  • Data Analyst dan Scientist
  • Process Automation Specialist
  • Software and Applications developers
  • Website Developers
  • IoT (Internet of Things) Specialist
  • Digital Tranformations Specialist
  • Adverstising Specialist
Mungkin kebanyakan yang tertuliskan diatas selalu berbau dengan Teknologi. Tapi, iya memang itulah faktanya. Dari tahun ketahun perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat dan memaksa semua orang untuk ikut andil dengan perkembangan teknologi.

Namun, nyatanya tidak semua yang berbabu bidang teknologi tersebut banyak dicari. Ada juga nih, beberapa contoh pekerjaan yang kurang diminati dari tahun ke tahun.

  • Administrative and executive scretaries. 
  • Accountants and auditors. 
  • Assembly and factory workers.  
  • Business services and administration managers. 
  • General dan operatiosn managers.  
  • Mechanics and machinery repairers. 
  • Meterial-recording and stocks-keeping clerks.

Kutipan dari Kontan.co.id dengan judul "10 Profesi yang Banyak Dicari di Masa Depan, Referensi buat Pilih Jurusan Kuliah", Klik untuk baca: https://lifestyle.kontan.co.id/news/10-profesi-yang-banyak-dicari-di-masa-depan-referensi-buat-pilih-jurusan-kuliah.

Editor: Tiyas Septiana

Baca Juga : Beberapa Aplikasi Yang Sering Digunakan Data Analyst

Namun, pada intinya sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau dalam arti lain melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Banyak-banyak lah untuk membaca, melihat-lihat informasi perkembangan teknologi di Youtube dan sering-sering untuk berbagi pengalaman dengan teman atau Guru.

Oke, mungkin cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan, dan semoga bermanfaat serta kamu bisa menemukan apa yang sedang kamu cari.

"Jangan Lupa Bernafas dan Jangan Lupa Bersykur".

Wassalamualaikum Wr.Wb, Sampai Jumpa.


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.