Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Macam-Macam XLOOKUP di Excel

Tutorial XLOOKUP

Assalamualaikum Wr, Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

LOOKUP kalau kita artikan dalam bahasa inggris akan menghasilkan arti sebagai "Lihatlah", atau "Lihat". Dan iya ini adalah termasuk bagian dari perintah di Ms. Excel dalam bentuk formula atau rumus. 

Namun, faktanya dalam bentuk rumus tersebut juga ada beberapa perintah yang mengatasnamakan "Lookup", yaitu seperti yang kita tahu ada LOOKUP sendiri, HLOOKUP dan VLOOKUP. Nah, dalam perintah tersebut memang terlihat sama namun berbeda kondisi. Apa saja perbedaanya, yuk kita simak satu per satu secara mendetail hanya di Pengalaman Edukasi.

LOOKUP

Lookup adalah perintah excel untuk mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua. Contoh, ada satu tabel yang berisikan sebuah data dengan produk dan harga, namun kamu diharuskan mencari harga produk tersebut dari sekian banyak nama produk di tabel data tersebut. Nah, disini kamu bisa menggunakan fungsi LOOKUP.

Contoh tabel
Sumber : https://support.microsoft.com/

꧐.  Penulisan Rumus

=LOOKUP(lookup_value,lookup_vector,[result_vector])

=LOOKUP(lookup_value,array)

꧑. Penjabaran

=LOOKUP(untuk nilai n, dalam rentang n, [mengambil nilai dari rentang n])

=LOOKUP(untuk nilai n, di kolom pertama rentang n untuk mengembalikan nilai yang sesuai)

꧒. Penyelesaian

Lookup

Jika kita ingin mengetahui nilai units A4 maka kita dapat menggunakan rumus berikut pada sel B13:

=LOOKUP(A13,A2:A11,B2:B11) dan itu akan mengembalikan 87 yang salah. Alasannya adalah data tidak dalam urutan menaik.

Menghapus hasil dan menyortir data dan kemudian menjalankan pencarian akan memberikan hasil yang benar.

Contoh perintah lookup excel
sumber : https://pakaccountants.com/excel-formulas/lookup/

Baca Juga : Cara menghitung jumlah data berdasarkan warna tertentu di excel

VLOOKUP (Vertical.Lookup)

Berbeda dengan LOOKUP, untuk rumus VLOOKUP dimana "V" adalah singkatan dari Vertical jadi perintah ini digunakan untuk menemukan nilai yang ditentukan (juga bisa disebut "lookup") di kolom pertama dari rentang ang ditentukan dan mendapatkan angka yang sesuai dari kolom tertentu di baris yang sama di mana nilai pencarian ditemukan.

Dalam contoh kamu bisa mencari nilai berdesarkan tabel referensi data yang kamu inginkan secara vertikal.

꧐. Penulisan Rumus

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

꧑. Penjabaran

=VLOOKUP(Apa yang ingin kamu cari, letak tabel referensi di mana kamu ingin mencarinya, nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang akan dikembalikan, mengembalikan hasil yang Mendekati atau Persis – ditunjukkan sebagai 1/TRUE, atau 0/FALSE).

꧒. Penyelesaian

Simak video berikut untuk memudahkan kamu untuk memahai penggunaan rumus VLOOKUP dengan benar dan cepat.

HLOOKUP (Horizontal.Lookup)

Kalau rumus yang satu ini adalah dimana "H" adalah singkatan dari horizontal dimana rumus merupakan perintah Menemukan nilai yang ditentukan (disebut nilai pencarian) di baris pertama dari rentang yang ditentukan dan mendapatkan angka yang sesuai dari baris tertentu di kolom yang sama tempat nilai pencarian ditemukan dengan tabel referensi yang disajikan secara horisontal.

꧐. Penulisan Rumus

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

꧑. Penjabaran

Sebenarnya untuk penjabaran rumus dari HLOOKUP sendiri juga tidak jauh berbeda dengan rumus VLOOKUP diatas, yang membedakan hanya antara "V" dan "H". Tapi tetap akan saya tuliskan guna untuk memenuhi artikel ini dengan kata-kata 😆.

=HLOOKUP(Apa yang ingin kamu cariletak tabel referensi di mana kamu ingin mencarinyanomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang akan dikembalikan, mengembalikan hasil yang Mendekati atau Persis – ditunjukkan sebagai 1/TRUE, atau 0/FALSE).

꧒. Penyelesaian

Contoh Hlookup Excel

Dalam situasi di atas, kita diberikan pelat kuantitas dan tarif yang berlaku. Jika kuantitas disebutkan di sel B6 maka kita dapat menggunakan rumus berikut untuk menentukan tarif yang sesuai secara otomatis:

=HLOOKUP(B6,B2:H3,2,TRUE)

Argumen TRUE akan membantu kami dengan perkiraan kecocokan dan itu akan bekerja lebih baik karena kami dapat memiliki unit arbitrer dan formula akan mencocokkannya dengan nilai terendah terdekat dalam rentang dan mengambil nilai yang sesuai.

Misalnya jika jumlah yang disebutkan adalah 28 maka terendah terdekat adalah 20 maka akan diambil 10%.

Kesimpulan

Secara keseluruhan ada satu rumus terbaru yang mencakup ketiga perintah diatas, kamu bisa menggunakan rumus XLOOKUP. Rumus ini adalah perintah yang efisien Karena ini juga memungkinkan kamu untuk lebih cepat dan kamu bisa mencari ke arah mana pun seperti atas, bawah, kiri atau kanan. Artinya Jika tabel referensi yang kamu miliki entah itu dalam bentuk vertikal atau horizontal maka rumus XLOOKUP bisa mencakup keduanya.

Baca Juga : Cara Membuat Rumus TERBILANG di Excel 2016

Namun sayangnya rumus XLOOKUP ini tidak tersedia di Excel 2016 dan Excel 2019. Namun kamu bisa menggunakan di Microsoft Office 365 dan office terbaru 2021.

Oke, sekian itu saja informasi singkat yang bisa saya tuliskan, semoga kamu bisa menemukan apa yang kamu cari, dan "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr. Wb, Sampai Jumpa