Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi dan Cara Mengakses EMIS 4.0 dengan Lancar

 

EMIS 4.0

Pada pertengahan bulan Mei kemarin kemenag telah mempublikasikan sebuah pengumuman apa itu yang disebut dengan Bulan Data Pendidikan Islam. Dimana setiap Madrasah wajib menggunakan aplikasi EMIS terbaru yakti EMIS 4.0.

Nah, sebagai aplikasi yang baru, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, dan pastinya sebagai operator juga perlu memperhatikan masalah-masalah yang akan dihadapi layaknya seperti aplikasi EMIS Madrasah yang lama.
Meskipun konsepnya ini berbeda dengan EMIS yang lama. Pada EMIS 4.0 ini terdapat dua akun yaitu akun lembaga dan akun kepala.

Pada artikel ini, akan sedikit dibahas tentang Solusi dan Permasalahan dalam tahapan pengisian pada EMIS 4.0

  1. Adalah permasalahan tentang sulitnya Registrasi pada akun Kepala Madrasah. Yang dimaksud sulit ini ada tentang banyaknya akun email yang tidak bisa menerima pesan verivikasi. Pada dasarnya verifikasi email ini digunakan untuk melakukan aksi Login pada akun Kepala di EMIS 4.0
  2. Permasalahan tentang otentikasi "i'm not robot". Yang semestinya berjalan dengan lancar ada macet disini. Terkadang otentikasinya gak mau muncul, dan lain sebagainya.
  3. Permasalahan tidak bisa login, padaham username dan password sudah benar.
  4. Sudah berhasil login namun saat hendak update data, eehh malah tidak bisa menyimpan data, dan alhasil kita harus melakukan updating data lagi.

Namun, dengan permasalahan-permasalahan tersebut tentunya Admin dari EMIS 4.0 atau biasa disebut Madrasah Reform tentu tidak tinggal diam. Dengan sigap dan mengumpulkan data-data tentang keluhan-keluhan pada setiap Lembaga, pada tanggal 28 Mei 2021. Akhirnya EMIS 4.0 resmi di TUTUP sementara.
Hal ini dilakuakn guna untuk melakukan updating sistem untuk perbaikan beberapa laporan dan keluhan yang disampaikan pada tiap-tiap Operator Madrasah.

Baca Juga : Cara yang Praktis Promosikan Penjualan Marketplace Facebook.

Dan dengan cepat pada tanggal 29 Mei 2021, 3 Masalah yang kerap menjadi masalah pada EMIS 4.0 yang meliputi

  1. Improvement pada fungsi unggah dan lihat file.
  2. Fixing atau perbaikan terkait perbedaan NSM di Dashboard dan
  3. Security Update atau perbaikan pada aksi Login.

Nah, dengan perbaikan tersebut para Operator Madrasah sekarang tidak akan ada masalah datang, kecuali jika Koneksi internetnya lemot, dan pasti dong masalah kalau internetnya lemot wkwkwk :).

TAPI, ada permasalahan Baru dan Pastinya ada Solusi baru dong tentunya. Tapi apa masalahanya ?. Oke saya akan jabarkan permasalahan terbarunya.

1. Tidak bisa mengakses emis.kemenag.go.id
2. Bisa akses tapi tetep tak bisa login dengan alasan jaringan internet tidak stabil.

Kenapa hal diatas jadi masalah ?. Nah, entah apa yang terjadi dengan EMIS 4.0 ini, yang seharusnya dengan kekuatan PC atau Laptop yang Super harusnya tidak masalah dong.


Padahal Jaringan internet menggunakan Jaringan Indihome dengan speed 50 Mbps dan dengan PC yang spesifikasinya bisa dibilang oke lah. Tapi kenapa tidak bisa mengakses EMIS 4.0 ?

Namun, sampai sekarang saya belum menemukan akar masalahanya. Tapi dengan berbagai percobaan dan eksperimen akhirnya saya bisa mengakses EMIS 4.0 lagi dan bisa melakuakn updating data dengan normal.
Bagaimana dong caranya ?

Saya menggunakan aplikasi Tor Browser. Dan Tor Browser adalah adalah aplikasi atau software komputer yang berfungsi untuk browsing seperti halnya Mozilla firefox, Opera dan Google Chorome. Namun pada browser ini tidak seperti browser pada umumnya seperti yang telah disebutkan tadi, karena sudah dibuat dan dioptimalkan untuk tujuan privasi dan keamanan pengguna.

Nah, cara kerja dari TOR Browser ini adalah sistem akan memilih secara random tiga buah relay untuk menyambungkan okneksi ke Internet. Dalam arti lain pola keamanan pun menjadi berlapis dengan lalu lintas internet pengguna tidak akan mudah dilacak oleh orang lain melalui alamat IP.

Tor Browser

Terus apa hubungannya dengan EMIS 4.0 ?. Jawabanya jika kita kesulitan mengakses EMIS 4.0 maka dengan memakai TOR Browser pengguna bisa menembus filter atau pemblokiran terhadap suatu konten yang dimuat di dalam laman website.
Dalam arti lain kita bisa merebut posisi server pengguna pada website EMIS 4.0 jika kita kesulitan dalam mengakses emis.kemenag.go.id.

Baca Juga : Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik Pelanggan Banyak

Tapi meskipun kita bisa mengakses EMIS 4.0 dengan lancar saat menggunakan TOR Browser, maka kamu jangan berharap akses website itu bisa cepat meskipun menggunakan koneksi jaringan dengan kecapatan tinggi. Karena hal ini disebabkan karena telah melewati 3 relay lalu lintas internet tadi.

Kesimpulan Mengenai TOR Browser

Kelebihan

  • IP Addres tidak bisa diketahui orang lain
  • Lebih privat dari Browser standar lainnya
  • Bisa mengakses konten tan batasan sensor

Kekurangan

  • Kecepatan akses sangat lambat
  • tidak ada support atau pihak yang bertanggung jawab memelihara sistem
  • Kurang efisien untuk memalsukan lokasi IP Addres


Nah, sekarang kamu bisa menginstall Tor Browser pada alamat web berikut https://www.torproject.org/download/

Sekian, terimakasih semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. Satu Kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam tautan rasa syukur".

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.