Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PC Rakitan untuk Server Sekolah Masa Kini

Assalamualaikum Wr. Wb , Salam Sejahtera dan Salam Budaya.

Akhir-akhir ini sekolah manapun di Indonesia secara tidak langsung diharuskan untuk memiliki sendiri Komputer atau PC Server. Hal ini diperlukan guna untuk kelancaran administrasi sekolahan yang mulai sekarang sudah full dikerjakan secara online. Disamping itu juga ada keperluan khusus untuk pelaksanaan ANBK dimana harus memiliki komputer / PC server.

Nah, dari cerita berbagai pengalaman yang telah saya dengarkan, banyak sekolah yang dengan sengaja dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk mengakali komputer tersebut. Hal ini disebabkan karena banyak dari pihak sekolah yang dengan pasrah menyerahkan pada si penjual untuk membuatkan komputer server. Hanya dengan embel-embel RAM yang besar dan Kapasitas Harddisk yang besar membuat pihak sekolah terbuai dengan kata-kata manisnya. 

Oke daripada bingung, singkat nya banyak komputer sever yang dijual dengan harga mahal buat sekolah tapi Komputer atau PC yang didapatkan tidak sesuai dengan harga yang tawarkan. Misalnya saja ada Komputer / PC dengan harga 8,2 Juta hanya dapat Memory RAM 4 GB, Dengan rasa penasaran tinggi saya datangi sekolahan tersebut dan saya cek komputernya, dan tak disangka-sangka, rakitan PC nya full barang bekas dari Motherboard sampai Casing dan Monitor nya lebih parahanya tanpa di lengkapi dengan SSD dan hanya mendapatkan Memory RAM 4 GB. 

Baca Juga : Macam-Macam Perangkat Keras Hardware dan Fungsinya

Nah, untuk menghindari hal tersebut maka saya akan mencoba membagikan beberapa produk rakitan PC yang mungkin bisa kamu coba untuk merakitnya sendiri. Kalau kamu tidak bisa merakit, banyak sekali tutorialnya di Youtube. Namun dengan perbandingan harga 8,2 Juta yang sudah saya ceritakan diatas tadi, saya akan mendapatkan Komputer Server Spek Luhut buat Lembaga Sekolahan.

Rakit Komputer Server Sekolah dengan Spek Luhut

1. Processor atau CPU

Nah, dalam hal ini saya ingin membagikan CPU bawaan dari AMD 3 AM4, atau "Prosesor AMD Ryzen 3 1200 Quad Core 3,1Ghz AM4 65watt"

Spesifikasinya

  • AMD Ryzen 3 1200
  • 4 Core - 4 Thread

Kinerja Ryzen 3 1200 diatas Core i5 seri 4400 (Haswell) dan hampir setara Core i5 seri 7400 (Kabylake)

  • Quad Core (4 thread)
  • Clock Speed : 3.1GHz
  • Turbo Core Speed : 3.4GHz
  • Unlocked multiplier
  • Socket : AM4
  • 65W
Saya dapatnya barang bekas dengan harga Rp. 1.250.000 yang bisa kamu dapatkan disini -->

2. Motherboard

Untuk jenis ini juga menyesuaikan socket dari tipe CPU nya yaitu AM4 maka saya sarankan "ASRock B450M-HDV (AM4, AMD Promontory B450, DDR4, USB3.1, SATA3)"

ASRock B450M-HDV

Spesifikasinya 

  • ASRock Super Alloy
    • High Density Glass Fabric PCB
    • Sapphire Black PCB
  • ASRock Ultra M.2 (PCIe Gen3 x4 & SATA3)
  • ASRock Full Spike Protection (for all USB, Audio, LAN Ports)
  • ASRock Live Update & APP Shop

CPU

  • - AMD AM4 Socket
  • - Digi Power design
  • - 7 Power Phase design
  • - Supports CPU up to 105W

Chipset

  • - AMD Promontory B450

Memory

  • - Dual Channel DDR4 Memory Technology
  • - 2 x DDR4 DIMM Slots
Saya dapatkan barangnya dengan kondisi Baru yang bisa kamu lihat spesifikasinya secara lengkap dan harganya Rp.1.025.000 kamu bisa cek di disini -->

3. Memory RAM 

Untuk RAM saya pasang 2x8GB jadi 16 GB dengan merk "MEMORY RAM PC PNY XLR8 DDR4 2x8GB 16GB 3200MHZ"

Memory RAM 16 GB



Saya dapatnya kondisi barang Baru dengan harga Rp. 1.100.000 kamu bisa cek disini --

4. Power Supply atau PSU

Produk dari AeroCool Power Supply LUX 550W Bronze. 
Dengan kondisi baru saya dapatkan harga sekitar Rp. 475.000 dan kamu bisa cek disini---  Kondisi Baru

5. CPU Cooler / PC Cooler

Ini merupakan bagian terpenting guna untuk mendinginkan Processor atau CPU nya. Nah, berhubung tadi saya gunakan CPU AMD dengan kondisi barang bekas maka saya gunakan CPU Cooler produk dari PcCooler bertipe semi tower.

CPU Cooler

Ini juga menyesuaikan tipe Socket dari Motherboardnyam, kebetulan produk "PC COOLER GI-X4SD CPU COOLER BLACK EDITION" sudah support dengan motherboard diatas.

Saya dapatkan dengan harga Rp. 245.000. Kondisi Baru

6. SSD dan HDD

SSD atau Solid State Drive, saya gunakan tipe "M.2 NVME" dengan kapasitas 256 GB produk dari "ADATA XPG SX6000 LITE"

Saya dapatkan harga sekitar Rp. 546.000,- Kondisi Baru

HDD nya saya gunakan dengan kapastitas 1 TB bawaan dari WDC SATA 3 dengan harga Rp. 615.000,-
Kamu bisa cek disini--- Kondisi Baru

7. Casing

Untuk tampilan luar atau Casingnya agar terlihat lebih keren kamu bisa gunakan produk dari "CASE Armaggeddon Tron III - T3 - Black"

Case Armaggeddon
Saya dapatkan case ini dengan harga sekitar Rp. 400.000,- 

8. Perangkat Tambahan

untuk perangkat tambahan ini yang dimaksud adalah seperti kamu menambah FAN sendiri dan lain sebaginya.

Saya gunakan 2 FAN produk dari PcCooler dengan socket yang cocok dengan Motherboarnya. Kebetulan FAN ini juga cocok dan harganya yang sangat terjangkau dan Baru.

Fan Komputer

PCCOOLER FX-120-3 Fan Case RGB Rainbow LED 12CM Fan Casing 120 120mm. Harga Rp. 40.000,- dan saya beli 2 jadi Rp. 80.000,- 

Kesimpulan

Nah, dari semua harga yang terpisah-pisah diatas adalah total Rp. 5.731.000, - 
Hanya Lima Jutaan kamu bisa merakit sendiri komputer server untuk lembaga sekolahmu dengan mendapatkan Spek Luhut yang dijamin berjalan lancar tanpa loading yang lama dan berjalan sat set wet wet. Hahahaha

Namun, hari harga tersebut, Semua itu hanya produk mentahan dari PC Jadi nya. Belum lagi ada biaya ongkir jika kamu belinya online, biaya Instalasi, jika kamu bisa menginstall sendiri malah oke tanpa biaya tambahan. Heehehe. Satu lagi, itu juga belum termasuk Layar Monitor. 

Oke, terimakasih semoga bermanfaat dan kamu bisa memanfaatkan untuk sekolahmua atau siapamu gitu. Dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur"

Waasalamualaikum Wr.Wb, - See You